Aturan-aturan Baru di Pertandingan Euro 2016

berita7up.com – Jelang digelarnya Euro 2016 mendatang, baik UEFA selaku otoritas tertinggi sepakbola Eropa dan FIFA selaku Otoritas Tertinggi Sepakbola Dunia selalu berusaha untuk menjadikan turnamen empat tahunan tersebut semakin baik dari tiap penyelenggaraan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjadikan Euro lebih baik adalah penerapan aturan-aturan baru yang bertujuan agar penyelenggaraan Euro bisa berjalan lebih optimal.

International Football Association Board (Ifab) yang berwenang untuk mengubah peraturan sepakbola baru-baru ini merilis 95 pergantian pada aturan sepakbola yang selama ini digunakan. Penggodokan aturan ini memakan waktu selama 18 bulan dan akan mulai efektif diterapkan per 1 Juni 2016 mendatang.

Direktur Teknis Ifab, David Elleray menyebut perubahan pada aturan tersebut bertujuan supaya para fans, pemain, dan perangkat pertandingan bisa lebih memahami dengan jelas peraturan pertandingan yang ada. “Kita harus punya interpretasi yang konsisten di seluruh dunia terhadap peraturan, sehingga kami melakukan revisi ini supaya lebih mudah dipahami apa yang harus dilakukan dalam suatu kondisi” beber Elleray seperti yang dilansir oleh BBC.

Salah satu contoh peraturan yang diubah jelang Euro 2016 nanti adalah penggunaan celana dalam dari para pemain. Jika sebelumnya para pemain bebas mengenakan celana dalam apapun yang mereka inginkan, per tanggal 1 Juni nanti seluruh tim wajib mengenakan celana dalam dengan warna yang sama.

Selain peraturan tersebut ada beberapa perubahan aturan lainnya yang menarik untuk Bolaneters saksikan. Apa sajakah peraturan yang direvisi jelang digelarnya Euro 2016 nanti?

1. Celana Dalam Tim Harus Sama

Pasal 1 : Lapangan Pertandingan

Pasal 3 : Pemain

Pasal 4 : Perlengkapan Pemain

Pasal 5 : Wasit

2. Tangan Tidak Mempengaruhi Offiside

Pasal 7: Durasi Pertandingan

Pasal 8: Kick Off dan Restart Pertandingan

Pasal 10: Menentukan Hasil Pertandingan

Pasal 11: Offside

Pasal 12: Pelanggaran

3. Tidak Boleh Melakukan Tipuan Saat Penalti

Pasal 13 : Tendangan Bebas

Pasal 14 : Tendangan Penalti

Pasal 15: Lemparan Ke Dalam

Pasal 17: Tendangan Pojok


Source: 7upAsia